Tips Renang Jarak Jauh

Selalu penting untuk berenang dengan kecepatan normal. Perenang tidak boleh bergerak cepat atau lambat, melainkan pada kecepatan yang wajar dan normal menurut cara berenang orang tersebut. Hal ini agar stamina seseorang lebih mudah dalam jangka panjang.

Dalam beberapa kasus, melakukan posisi membelai punggung bisa bermanfaat. Meskipun posisi ini adalah salah satu yang lebih lambat dari kebanyakan jenis posisi berenang lainnya, ini adalah salah satu yang dapat digunakan untuk menghemat energi. Dengan membelai otot punggung akan mengurangi tekanan yang diberikan. Mereka tidak akan aus dan harus bekerja lebih keras dari yang dibutuhkan untuk stroke. Alhasil badan tidak akan cepat lelah dan renang bisa dilanjutkan.

Saat berenang jarak jauh akan membantu menghemat pukulan. Mampu tetap efisien dengan pukulan itu penting. Bekerja dengan pukulan yang lebih sedikit dapat dilakukan dengan menunggu sampai gerakan dari pukulan sebelumnya diperlambat setidaknya setengahnya sebelum melakukan pukulan lainnya. Daya jelajah yang dihasilkan oleh pukulan harus dimanfaatkan. Target yang baik adalah menggunakan hanya sekitar lima puluh pukulan dalam setiap menit selama renang jarak jauh. Dengan menjaga target ini tubuh tidak akan lelah.

Memiliki ritme yang baik seperti yang digunakan dengan metronom dapat membantu. Ritme harus kurang difokuskan pada anggota tubuh tetapi lebih pada tubuh. Gerakan batang tubuh sebaiknya digunakan untuk mengatur ritme daripada anggota tubuh sehingga tubuh akan dapat bergerak di air dengan lebih efisien tanpa menggunakan terlalu banyak gerakan. Ini dapat membantu menjaga perenang agar tidak lelah di tengah-tengah berenang.

Tip-tip ini penting untuk semua aktivitas berenang jarak jauh. Kecepatan berenang dan pukulan yang digunakan juga penting, begitu juga dengan ritme. Dengan menggunakan pertimbangan ini maka akan lebih mudah menjadi perenang jarak jauh yang lebih sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *