Pilihan Cat Akrilik

Cat akrilik berbahan dasar air bagus untuk seniman karena beberapa alasan. Ini adalah salah satu cat paling fleksibel yang tersedia dan memiliki banyak manfaat lain. Sebagai permulaan, cat berbahan dasar air akrilik dapat digunakan untuk mengecat hampir semua permukaan dari kertas hingga papan kanvas. Salah satu ciri akrilik yang dianggap beberapa orang sebagai tipuan adalah kenyataan bahwa cat akrilik berbahan dasar air cepat kering. Beberapa seniman menggunakan tidak lebih dari 15% retarder untuk Tanda Akrilik memperlambat proses pengeringan yang cepat ini. Yang lain menggunakan palet basah saat mereka melukis.

Berbagai Jenis Cat Berbasis Air Akrilik untuk Dipilih Seniman

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, cat berbahan dasar air akrilik menawarkan banyak fleksibilitas termasuk berbagai jenis yang tersedia bagi seniman, dari pelajar hingga profesional. Meskipun kelasnya serupa dengan jenis akrilik yang digunakan oleh profesional, akrilik siswa cenderung memiliki pigmentasi lebih Jual Akrilik Lembaran Custom Jakarta rendah, memiliki lebih sedikit warna untuk dipilih, dan formula yang lebih murah daripada cat air akrilik yang digunakan oleh profesional. Akrilik profesional memiliki lebih banyak pilihan dan biasanya lebih mahal. Pilihan cat akrilik berbasis air profesional juga lebih tahan terhadap bahan kimia dan paparan air.

Selain itu, cat akrilik berbahan dasar air diklasifikasikan menurut ‘badannya’, yang merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan konsistensinya. Beberapa bertubuh lunak atau sedang, yang lain bertubuh berat, dan lainnya masih sangat berat atau bertubuh ekstra. Di bawah ini kita melihat beberapa varietas dan nilai cat berbahan dasar air akrilik ini dan apa artinya bagi siswa dan seniman profesional.

1. Pigmen, harga, dan rentang warna

Pigmen cat sejati itu mahal. Hues, yang merupakan tiruan dari pigmen asli, jauh lebih terjangkau. Akrilik tingkat siswa biasanya tersedia sebagai corak. Sedangkan untuk akrilik profesional, pigmen dikelompokkan menjadi seri berdasarkan angka (dihitung dari 1 dan seterusnya) dan huruf (bergerak dari A ke atas). Semakin tinggi nomor seri, atau lebih jauh dari huruf A, semakin kaya pigmennya dan semakin mahal kemungkinannya. Biasanya, cat berbahan dasar air akrilik kelas artis profesional akan memiliki warna yang lebih nyata dalam jangkauannya, dan akan lebih mahal daripada yang tersedia untuk seniman pelajar.

2. Opasitas

Pilihan cat akrilik berbahan dasar air yang lebih buram lebih mudah ditutup dan ditutup dengan warna lain. Dengan demikian, opsi ini bagus untuk siswa yang mungkin lebih cenderung membuat kesalahan yang perlu mereka tutupi.

3. Konsistensi atau isi dari opsi yang tersedia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cat akrilik berbahan dasar air tersedia dalam berbagai konsistensi termasuk cat medium dan cat berat. Cat akrilik kelas artis profesional akan memiliki rentang konsistensi yang lebih luas, sedangkan pilihan siswa akan lebih sedikit. Yang penting, ada bahan pengikat yang dapat dicampur dengan konsistensi yang berbeda, memungkinkan seniman untuk mengontrol seberapa tebal atau tipis cat, tanpa kehilangan kekayaan pigmennya.

4. Kekuatan Pewarnaan dan Pergeseran Warna

Tinting mengacu pada seberapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengubah warna cat putih. Semakin tinggi kekuatan pewarnaan cat, semakin sedikit cat yang dibutuhkan untuk mengubah warna cat putih. Ini adalah sesuatu yang khususnya perlu diingat oleh mahasiswa seniman.

Pergeseran warna adalah sesuatu yang terjadi secara alami saat menggunakan cat berbahan dasar air akrilik. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa cat menjadi lebih gelap setelah dikeringkan. Emulsi akrilik menjadi bening saat cat mengering (menjadi putih saat basah) dan dengan cara ini menggelapkan warna cat. Pada cat akrilik berbahan dasar air berkualitas siswa, bahan pengikat yang digunakan berwarna putih, sehingga perubahan warna dari lebih terang ke lebih gelap biasanya lebih besar daripada pada pilihan cat kelas profesional. Semakin murah pilihan cat akrilik artis pelajar, semakin putih bahan pengikat yang digunakan, dan karenanya semakin besar pergeseran warnanya.

Semua karakteristik di atas berfungsi sebagai pedoman umum bagi pelajar dan seniman profesional. Mereka harus dipertimbangkan saat memutuskan cat akrilik mana yang akan digunakan atau tidak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Ingatlah bahwa cat berbahan dasar air akrilik sangat fleksibel, tetapi pilihan kelas siswa kurang begitu. Semakin banyak yang ingin Anda lakukan dengan cat, termasuk menggunakan bahan pengikat dan campuran bahan kimia yang berbeda, semakin diperlukan pilihan kelas profesional.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *